MANA MUNGKIN TERI BERANAK TONGKOL..


Motivasi terbesar dalam hidup saya bukanlah pujian dan sanjungan...
Tetapi adalah HINAAN...
Saya masih inget ketika baru daftar masuk kuliah..byk yg gak percaya klo sy bisa daftar kuliah. Krn sy hy seorang peloper koran d bus antar kota...bapak sdh tdk bekerja krn saat itu sdh sakit2an dan akhirnya meninggal dunia.. Ibuku hy penjual sayur keliling u menghidupi kelima anaknya... mana mungkin bisa bayar biaya kuliah..
Dan masih sy ingat ada salah satu kalimat hinaan yg sampe skrg terngiang di telingah sy..
GAK BAKALAN IKAN TERI BERANAK TONGKOL.. sebenare ingin melawan seseorang yg berkata seperti itu..ingin ku pukul mulutnya krn sdh menghina orang tua sy....tp buat apa???..sy hanya mengelus dada sambil berkata dlm hati...sy akam buktikan klo TERI AKAN BERANAK TONGKOL..sy akan kuliah dg sekuat tenaga dg biaya dr kaki dan tangan sendiri...perjuangan tdk mudah...diakhir semester 4 beban hidup bertambah...jualan di bus sepi..sedangkan 2bln lagi sdh harus her registrasi kuliah dan butuh byk duit... klo tetep jualan di area pasuruan kayaknya gak mungkin bs nutup kebutuhan biaya kuliah semester yg akan datang...dan sy sdh konsultasi ke salah satu dosen dan pihak BAAK klo rencana sy semester depan akan ambil terminal kuliah dikarenakan kesulitan keuangan...dosen dan BAAK tdk mengiyakan rencana sy..tetapi justru momotivasi sy untuk tdk terminal dulu kuliah...akhirnya liburan semester datang..libur lbh dr sebulan...sy bulatkan tekad sy untuk memaksimalkan liburan sebulan ini untuk cari uang sebanyak2nya. Dan sy putuskan untuk hijrah menjadi pedagang asongan di jakarta.... krn uang saku tdk byk, sy naik kereta api saja dr pasar turi surabaya...klo g salah pake kertajaya malam...itu pun tdk beli tiket..tp NEMBAK...dg naik kereta tanpa beli tiket dan by kasih uang pelicin ke checker/kontrol karcis kereta.. tdk byk yg sy berikan..hy 2rb tiap ketemu checker..dr sby sampe jkrta hy ketemu 3 checker. Jd hy keluar uang 6rb sj...yg semestinya harga tiket 37.500...(tahun 2000 kejadiannya)..dan sampailah di jakarta tepatnya di bekasi timur dekat pintu gerbang tol kalimalang...sy menuju ke salah satu juragan asongan disitu dan akhirnya selama sebulan bisa melanglang buana di ibukota sbg pedagang asongan d bus. Dan sy berupaya menikmati perjalana hidup itu. Mengasong sambil berwisata di ibukota...duh jd kangen makan ketoprak di sebelah jembatan penyeberangan benhill, gorengan di depan terminal blok M, es cendol di monas sambil lihat burung derkuku..hh..makan semur jengkol di warteq...hhh..
Sebulan sdh di jakarta akhirnya bisa dpt uang yg sy harapkan...kembali ke pasuruan dan memberesi biaya her registrasi kuliah.dan gak jadi terminal kuliahnya... krn dorongan HINAAN tadi yg membuat sy untuk tdk mudah menyerah... oo iya..untuk pengiritan, pulangnya naik kereta masih pake sistem nembak...klo sekarang kayaknya sdh g bisa lagi...colek Yan Sopyan...hh
Kesimpulannya... HINAAN akan menjadikan energi yg ekstra untuk kita...dg berupaya menjungkirbalikkan kalimat hinaan td dg kerja nyata....dan tdk meladeni hinaan td dg kata2 pula....akhirnya TERI BISA BERANAK TONGKOL..sy bisa lulus kuliah dg biaya sendiri...dan dg ijazah S1 sy bisa u daftar mjd guru PNS dan diterima tanpa uang pelicin sepeserpun..
Dan di kampus pun sy bertemu dg jodoh saya, yg memberikanku keturunan 3 anak laki2 yg ganteng2 dan dia membantu sy dlm mencukupi kebutuhan keluarga dg mjd guru jg..
Sebaliknya PUJIAN akan menjadi racun manakala kita terbuai dg pujian td..pujian. menjadikan kita gampang puas dan besar kepala...
Selamat malam..selamat bermimpi...


0 Response to MANA MUNGKIN TERI BERANAK TONGKOL..

Post a Comment