KCBI Sukses Bedah Rumah Mbah Sudiran

PURWOREJO – Yayasan Komunitas CB Internet (KCBI) Peduli Sukses melakukan bedah rumah tak layak huni milik mbah Sudiran (70) warga RT 03 RW 04 Nomor 19 Kelurahan Cangkrep Lor Kecamatan Purworejo Kabupaten Purworejo.

Bekerja sama dengan sejumlah komunitas dan warga sekitar, bedah rumah dikerjakan selama sepekan, dari tanggal 31 Desember hingga 8 Januari 2016. Rumah diserahkan kepada mbah Sudiran secara simbolis Minggu (8/1) lalu.

Sukaelawan Yayasan KCBI Perwakilan Purworejo, Suluh Hani Putra mengungkapkan, program tersebut merupakan program bedah rumah pertama di Jawa Tengah bagi kaum duafa. ”Alokasi dana untuk program bedah rumah ini merupakan hasil donasi yang terkumpul dari swadaya anggota komunitas maupun lintas komunitas,” ungkapnya kepada Suara Merdeka, kemarin.

Dia mengakui, melakukan peletakan batu pertama pada Sabtu (31/12). Sementara pengerjaan bedah rumah dilakukan seminggu. ”Pengerjaan bedah rumah dilakukan dengan kerja bakti massal oleh semua anggota KCBI di Purworejo, Jawa Tengah dan perwakilan dari Jawa Timur,” imbuh dia.

Selain anggota KCBI, kegiatan didukung warga Kelurahan Cangkrep Lor, Komunitas Berita Purworejo Terbaru (BPT), Pemuda Komandan Purworejo dan Relawan Lintas Komunitas. ”Semoga dengan kegiatan ini bisa membantu menekan angka kemiskinan di Kabupaten Purworejo,” harap dia.

Kena Katarak

Dikatakan, mbah Sudiran (70) saat ini hidup sebatang kara dengan kondisi tubuh yang renta serta penglihatan yang sudah tak lagi sempurna, karena penyakit katarak. Dia juga tinggal di rumah yang tak layak huni. ”Dia tidak punya penghasilan.

Untuk mencukupi kebutuhan makan, dia harus bekerja keras mengumpulkan pasir dan batu di sungai,” ungkap dia. Pasir dan batu tersebut kemudian dijual jika ada masyarakat yang membutuhkan. Selain itu, dia juga membuat sapu lidi dan dijual di pasar atau dijajakan ke warga sekitar.

Itu pun kalau ada pelepah kelapa yang dia temukan di sungai. ”Kalau tidak ada yang bisa dijual, dia mengandalkan makanan pemberian tetangganya yang bersedia memberikan makan seharihari,” bebernya.(mar-32)


Sumber: berita suara merdeka

0 Response to KCBI Sukses Bedah Rumah Mbah Sudiran

Post a Comment