Sukses diusia muda

20 tahunan yg lalu, jam segini sy sdh naik turun bus u jajakan koran.   Biasanya hbs subuh sy sdh berangkat ke agen koran di Lawang dan lagsg menuju Pandaan, tempat sy biasanya jualan
Di pangkalan sy jualan..mungkin sy datang yg paling awal. .teman yg lain baru jam 7an datang ketika dagangan sy sdh laku hampir separuh. 
Sy sengaja berangkat lbh awal, dg harapan bisa baca sekilas isi koran dulu. Klo beritanya menarik sy ambil banyak.  Tp klo beritanya jelek dan kurang menarik pembaca sy ambil dikit.  Brgkat lbh awal jg mpy byk keuntungan yg lain. Jalanan masih sejuk..blm panas, lalu lintas lancar shg sy bisa cepat naik turun ganti ke bus yg lain, dan pedagang yg lain serta pengamen jg msh blm ada yg datang. Shg sy jg masih bisa leluasa jualan.  Jam 9an biasanya sdh hbs dagangan sy.  Klo sy ada mood biasanya nyari operan koran dr agen lain.  Krn klo sdh jam 9 harga koran sdh menurun drastis. Bisa di obral. Dan cepat lakunya.  Saat itu harga normal jawapos dr agen masih Rp.350.  Jualnya Rp. 500...sdgkg klo sdh siang harganya bisa turun mjd 200 dan sy jual 400 di bus.
Dg pola jualan seperti itu sy merasa lbh berhasil drpd teman yg lain. Keuntungan sy lbh banyak Krn brgkt lbh dulu. 
Klo berita rame sy dpt laku banyak Krn sy bisa ambil banyak dr agen. Sdgkan yg lain yg dan datangnya lebih siang hy kebagian sedikit jatah korannya.  Ketika berita sepi.  Saya pun jg masih dapat uang banyak.  Sy ambil sedikit dr agen induk. Dan siangnya biasanya byak agen yg ngobral korannya ke para peloper. Sy ambil dr mrk dan sy obral juga ke penumpang.  Klo sdh di obral biasanya orang tdk lihat beritanya.  Tp lihat murahnya.  Hehhe. 
Mungkin buat bungkus kacang. 
Setelah hbs, sy harus kembali ke agen untuk menyetorkan uang setoran.   Begitu setiap hari. Setelah sy pikir2 klo pagi dan siang harus ke agen kok ada pemborosan waktu dan uang.  Krn memang jaraknya jauh dr rmh.  Uang keuntungan dr jualan bbrp hari sy kumpulkan.  Besok paginya sy bilang ke juragan koran sy klo sy ambil cash sj.  Agar siang tdk ke agen lagi.  Ternyata klo cash harganya ada potongan.  Tp dengan syarat barang sisa tidak boleh di kembalikan.  Setelah sy pikir bbrp saat sy menyepakati itu. 
Dan alhmdulillah ada efesiensi yg bisa dilakukan..
Jualan sy biasanya paling siang sampe jam 10-11.  Setelah itu pulang dan istirahat bbrp saat dan jam 12 brgkat lagi u sekolah.  Bgitu aktifitas rutin sy pada saat skolah SMA dan Kuliah.  Krn skolah sy masuk sore.
Tak nunggu sampe 2th akhirnya sy bisa merintis mjd agen kecil2an.  Tdk jualan koran lagi tapi jualan permen. Dan ada bbrp teman yg ambil dagangan ke sy.  Pagi ambil barang sore setor ke rumah.  Hingga puncaknya sampe mpy anak buah lebih dari 20 orang.   Shg sy tidak naik turun bus lagi tp stay di rumah nunggu anak buah stor dan belanja ke distributor permen.  Klo sy tinggal kuliah biasanya mbak sy yg membantu sy melayani anak buah sy.   Sampe semester 4 kuliah baru tergantikan oleh istri sy Insiyah Hakim.  Krn pada semester 4 sy putuskan untuk menikah dan mengontrak rumah sendiri.  Alhamdulillah lulus kuliah pas wisuda pas punya anak dan setahun berikutnya sdh bisa beli tanah kecil2an dr hasil jualan di bus tadi..

Yg berusaha menciptakan kesuksesan adalah kita sendiri. 
Tuhan hy mengabulkan keinginan kita.
Prasangka Tuhan sama dg prasangka kita..
Sy ingin sukses lbh awal..
Ukuran sukses adalah relatif. Tergantung individu masing2..
Ukuran sukses sy adalah berpenghasilan, menikah, punya rumah, punya anak, dan menyempurnakan rukun Islam yg ke lima..
Dan alhmdulillah thn 2011 apa yg sy inginkan sdh 90% tercapai.

Selamat pagi.
Selamat bekerja keras diusia muda
Dan menjemput sukses diusia yg muda.
Dan usia tua tinggal menikmati kesuksesan kita..
Dan jaga kesehatan.

1 Response to Sukses diusia muda

  1. Asalamualaikum
    Pak
    Salam seduluran selawase saking Grobogan Jateng.... hehehe

    ReplyDelete